Novi Marinda Putri Jelaskan Hak-hak Konsumen di Perumahan Korpri Loa Bakung

Anggota Pansus DPRD Samarinda, Hj. Novi Marinda Putri, di kegiatan penyebarluasan Raperda Perlindungan Konsumen di RT 71, Perumahan Korpri Loa Bakung, hari Minggu (28/4/2024). (Foto Yuliana Ashari/Niaga.Asia)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA – Anggota Pansus Pembahas Raperda Perlindungan Konsumen di DPRD Kota Samarinda, Hj. Novi Marinda Putri, menggelar kegiatan penyebarluasan Raperda Perlindungan Konsumen yang merupakan inisiatif DPRD Kota Samarinda Tahun 2024 kepada warga RT 71, Perumahan Korpri Loa Bakung,hari Minggu (28/4/2024).

Acara penyebarluasan Raperda ini, selain dihadiri warga, juga diikuti perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Novi Marinda Putri menjelaskan hak-hak konsumen yang akan diatur dalam Perda Perlindungan Konsumen diatur produk yang akan dikonsumsi masyarakat sudah dijamin kehalalan dan higienitasnya.

“Perda ini juga bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi konsumen dalam memperoleh produk barang yang aman, sehat, halal, dan terjamin kualitasnya,” jelas Novi.

Perda ini nanti diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk barang di Kota Samarinda. Para pelaku usaha di Samarinda lebih terdorong untuk memproduksi barang yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebagaimana diatur dalam Perda.

Novi juga menjelaskan poin-poin penting dalam Raperda Perlindungan Konsumen, antara lain, hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar dan jelas tentang produk barang yang akan dibeli, mendapatkan produk barang yang aman, sehat, halal, dan terjamin kualitasnya. Hak konsumen untuk mendapatkan ganti rugi jika dirugikan oleh produk barang yang dibeli.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat Kota Samarinda dapat lebih memahami hak-hak mereka sebagai konsumen dan dapat memanfaatkan Perda Perlindungan Konsumen ini untuk melindungi diri mereka dari praktik-praktik yang merugikan konsumen,” ucapnya.

Penulis: Yuliana Ashari I Editor: Intoniswan I ADV DPRD Samarinda

Tag: Raperda Samarinda 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *