Dishub Samarinda Kembalikan Fungsi Trotoar di Depan Mall Samarinda Square

Petugas dari Bidang LLAJ Dishub Samarinda, hari ini  memasang pembatas (stickicon) di trotoar di depam mal  Samarinda Square Robinson agar tak digunakan lagi sebagai tempat parkir motor dan mobil oleh juru parkir liar. (foto: Yuliana Ashari / niaga.asia)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA – Dinas Perhubungan Kota Samarinda mengembalikan fungsi trotoar di depan mall Samarinda Square/Robinson di Jalan M Yamin Samarinda yang selama ini diokupasi sebagai tempat parkir.

Supaya trotoar itu tidak lagi difungsikan juru parkir liar sebagai tempat parkir sepeda motor atau mobil, Dishub Samarinda, hari ini, memasang pembatas (stickicon) lengkap dengan tali antar tiang.

“Kita pasang penghalang ini agar trotoar kembali bisa berfungsi untuk pejalan kaki, bukan tempat parkir,” kata Kepala Bidang  LLAJ Dishub Kota Samarinda, Didi Zulyani  pada niaga.asia, Kamis (2/5/2024).

Menurut Didi, pemasangan stickicon ini merupakan bagian dari upaya Dishub Kota Samarinda untuk menertibkan penggunaan trotoar.

“Selama ini, trotoar di Mall Samarinda Square/Robinson sering digunakan oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan dan keselamatan pejalan kaki. Setelah ada stickicon, diharapkan dapat mencegah kendaraan untuk naik ke trotoar.,” katanya.

Didi juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan trotoar sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk pejalan kaki.

“Kami mohon kepada masyarakat untuk selalu tertib dalam menggunakan jalan raya dan trotoar. Mari kita jaga bersama keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan,” tegas Didi.

Dishub Kota Samarinda akan menertibkan penggunaan trotoar di seluruh wilayah kota dan  terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas pemasangan stickicon di depan mall Samarinda Square.

Pemasangan stickicon ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku atau UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pemasangan stickicon ini tidak akan mengganggu akses keluar masuk kendaraan ke mall.

“Pengelola dari mall Samarinda Square/Robinson seharusnya menyediakan tempat untuk dropoff pengunjung,” paparnya.

Sementara penanggung jawab dari mall Samarinda Square/Robinson, Andi, tidak setuju dengan pemasangan stickicon ini. Menurutnya, pemasangan Stickicon ini tidak masuk akal dan akan menambah kemacetan di sekitar mall.

“Ini tidak masuk akal. Trotoar ini kan sudah lebar dan cukup untuk pejalan kaki. Kalau dipasang stickicon, malah akan menyempitkan jalan dan membuat macet,” ujar Andi.

Penulis: Yuliana Ashari I Editor: Intoniswan

Tag: Dishub Samarinda 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *