DPRD Samarinda Rekomendasikan Perumdam Tirta Kencana Realisasikan RISPAM

Kantor Pusat Perumdam Tirta Kencana Samarinda (Foto Dok Niaga.Asia)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA –  DPRD Samarinda merekomendasikan PDAM (Perumdam) Tirta Kencana benar-benar mengimplementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum RI (Permen PU) Nomor 18 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan  Peraturan Walikota Samarinda Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Salinan Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum  (RISPAM) Kota Samarinda Tahun 2016-2035.

“Artinya PDAM fokus kepada perencanaan dokumen bisnis PDAM Samarinda dalam hal penyediaan dan pelayanan sarana air bersih di tiap-tiap kecamatan kota Samarinda,rencana penambahan IPA PDAM untuk daerah yang masih sulit terjangkau air bersih, serta mengatasi masih tingginya tingkat kebocoran pipa air dan keluhan adalah air mati, pipa pecah dan air kotor oleh pelanggan,” kata Ketua Pansus DPRD Samarinda Pembahas LKPJ Wali Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023, Fahruddin usai menyampaikan Laporan Akhir Pansus yang sudah disetujui dalam Rapat Paripurna Internal menjadi Rekomendasi DPRD Samarinda ke Wali Kota Samarinda, hari Rabu (15/5/2024).

Menurut Fahruddin, lengkapnya rekomendasi DPRD Samarinda ke Pemerintah Kota Samarinda terkait PDAM adalah, meningkatkan pelayanan dasar air bersih kepada pelayanan pemasangan pipa baru disesuaikan dengan RISPAM dan keluhan pelanggan dapat cepat ditangani.

Pelayanan penagihan air bersih ke pelanggan lebih ditingkatkan lagi terutama lewat aplikasi pembayaran perbankan dan aplikasi milik perumdam tirta kencana.

“Merealisasikan perencanaan IPAM dan Boster di daerah yang belum masuk air bersih terutama di daerah pinggiran Kota Samarinda, dan pelaksanaan pekerjaan sebesar 23% sesuai hasil hearing dengan DPRD Kota Samarinda dapat dilakukan tuntas di akhir tahun 2024,” terang Fahruddin.

Kemudian meminta Perumdam Tirta Kencana juga mengfokuskan kepada pelayanan kesejahteraan pelanggan terkait penyediaan air bersih di seluruh kota samarinda dengan mengacu kepada Undang- Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat 3.

Penulis: Intoniswan | Editor: Intoniswan | ADV DPRD Samarinda

Tag: Perumdam Tirta Kencana 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *