Tingkatkan Kerjasama dalam Pengelolaan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo Kunjungan Studi ke UNISNU Jepara

JEPARA, purworejo24.com– Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo melakukan kunjungan studi ke Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara di Jl. Taman Siswa No. 9 Pekeng Tahunan Kabupaten Jepara Rabu (15/5/2024).

Kunjungan ini dilakukan setelah penandatanganan kerja sama antara dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI An-Nawawi dengan dekan Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU Jepara.

Dekan FEBI IAI An-Nawawi, Dr. Muhajir, mengatakan, tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari pengelolaan dan sistem yang diterapkan di Laboratorium Perbankan Syariah UNISNU.

Kunjungan studi ini dipandu oleh Kepala Laboratorium Perbankan Syariah UNISNU Jepara, Faiqul Hazmi, dan diikuti oleh pengelola Lab Bank Mini Syariah IAI An-Nawawi serta beberapa dosen dan mahasiswa dari Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo.

Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kerja sama antara kedua institusi dalam pengembangan dan pengelolaan perbankan syariah,” kata Muhajir pada Kamis (16/5/2014).

Dr. Muhajir, berharap agar kunjungan ini dapat memperkaya wawasan dan pengalaman para peserta dari kedua institusi. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang perbankan syariah yang semakin berkembang.

Selama kunjungan, para peserta mendapat kesempatan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan laboratorium perbankan syariah,” kata Muhajir.

Kepala Program Studi Perbankan Syariah UNISNU, H. Miswan Ansori, menjelaskan bahwa perjalanan laboratorium ini melalui proses panjang hingga mencapai tingkat keberhasilan saat ini. Lab Perbankan Syariah UNISNU telah menjadi rujukan bagi beberapa perguruan tinggi lainnya.

Kunjungan studi pada Lab Perbankan Syariah dimentori oleh Ka Lab Perbankan Syariah UNISNU Jepara Faiqul Hazmi, SEI., ME.Sy. dan diikuti oleh Pengelola Lab Bank Mini Syariah IAI An-Nawawi dan beberapa dosen FEBI sera mahasiswa IAI An-Nawawi Purworejo.

Mereka juga berkesempatan untuk melihat secara langsung sistem dan teknologi yang digunakan di UNISNU Jepara. Ini merupakan momen yang sangat berharga bagi mahasiswa dan dosen dari kedua institusi untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan.

UNISNU berkomitmen dalam mendukung perkembangan perbankan syariah di Indonesia melalui pendekatan kolaboratif dengan perguruan tinggi lainnya,” kata H. Miswan Ansori

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerja sama antara Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo dan UNISNU Jepara dalam pengembangan perbankan syariah akan semakin kuat dan berkelanjutan.

Langkah-langkah konkret dalam bidang penelitian, pengembangan kurikulum, dan pertukaran mahasiswa dan dosen diharapkan dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama. (P24-bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *