Kuota Perempuan di DPRD Belum Terpenuhi karena Kurangnya Dukungan Pemilih

Ketua DPRD Kota Samarinda, H. Sugiyono. (Foto Yuliana Ashari/niaga.asia).

SAMARINDA.NIAGA.ASIA – Keinginan pemerintah  lembaga legislatif/DPRD  30 persen diisi perempuan, masih perlu diperjuangkan dan didukung oleh perempuan, partai politik, pemilih, dan keluarga politisi perempuan itu sendiri.

“Perempuan masih tertinggal dalam hal dukungan, baik dari keluarga, partai politik, maupun masyarakat luas,” Ketua DPRD Kota Samarinda, H. Sugiyono pada wartawan , Selasa (21/5/2024) menanggapi hasil Pemilu DPRD Samarinda 2024, dari 45 anggota DPRD terpilih, hanya ada 4 perempuan dan 41 laki-laki.

Menurut Sugiyono, salah satu faktor utama penyebab masih sedikitnya atau belum 30 persen anggota lembaga legislatif dari perempuan, karena kurangnya dukungan dari banyak pihak.

“Perempuan memiliki potensi dan kemampuan yang sama dengan laki-laki untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, publik perlu berani memilih perempuan dalam Pemilu,” saran Sugiyono yang terpilih jadi anggota DPRD Kaltim  terpilih untuk periode 2024-2029.

Ia menyarankan perempuan harus tampil lebih berani dan menunjukkan kemampuan sanggup jadi pejuang aspirasi pemilih. Sedangkan partai politik juga  memberikan dukungan kepada perempuan yang ingin berkarier di bidang politik.

“Dukungan tersebut dapat berupa dorongan moral, materi, maupun edukasi politik,” tegasnya, seraya menambahkan, keberadaan perempuan lebih banyak di lembaga legislatif juga demi kemajuan bangsa.

Berdasarkan SK KPU Kota Samarinda Nomor 286 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Samarinda Dalam Pemilu 2024, dari 45 anggota DPRD Samarinda terpilih, sebanyak 41 orang atau 91,12% berjenis kelamin laki-laki, sedangkan yang perempuan hanya 4 orang atau 8,88%, atau masih jauh dari kuota 30% yang diinginkan pemerintah.

Empat perempuan yang akan bekerja sebagai wakil rakyat di DPRD Samarinda Periode 2024-2029  berasal dari Partai NasDem 1 orang, yakni Celni Pita Sari, dari Partai Demokrat 2 orang, masing-masing dr. Sri Puji Astuti dan Marlina. Partai Gerindra 1 orang, yakni yakni Riska Wahyunigsih.

Penulis: Yuliana Ashari I Editor: Intoniswan I ADV DPRD Samarinda

Tag: Perempuan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *