Hadapi Pilkada 2024, KPU Purworejo Melantik 1.482 Anggota PPS

PURWOREJO, purworejo24.com – Sebanyak 1.482 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo 2024, dilantik dan diambil sumpah/ janjinya. Pelantikan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Purworejo, secara daring dan luring di gedung Ganeca Convention Hall Purworejo, pada Minggu (26/5/2024).

Hadir dalam acara itu, Pj Sekda Purworejo, Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, Forkopimda atau yang mewakili, Komisioner dan Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah, Ketua KPU Purworejo beserta anggota, dan berbagai unsur terkait lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jarot Sarwosambodo menjelaskan bahwa total anggota PPS yang dilantik baik secara daring dan luring sejumlah
1.482 peserta.

Dijelaskan bahwa jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada serentak 2024 dipastikan berbeda dengan Pemilu serentak 2024. Untuk itu, Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) diminta melakukan kerja cepat untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan TPS di wilayah kerjanya.

Dalam Pilkada ini untuk satu TPS maksimal untuk 600 warga. Sementara dalam Pemilu 300 orang dan total TPS adalah 2.995. Untuk kebutuhan TPS sekarang kita belum mengetahui. Akan didasarkan pada hasil pemetaan PPS besok,” katanya.

Anggota KPU Jateng, Basmar Priyanto Amron mengungkapkan, pelaksanaan pilkada serentak berbeda dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya, dimana pelaksanaan dilakukan tidak bersamaan. Untuk Pilkada kali ini, penyelenggaraan pemilihan harus secara masif mensosialisasikan secara bersamaan antara Pilgub dan Pilbup.

Kita ini ibarat ikan didalam akuarium, karena semua perhatian diarahkan kepada kita,” kata Basmar.

Untuk itu, ia minta anggota PPS harus bisa menunjukkan diri mampu untuk bekerja. Dia berpesan agar semua bisa menjaga pergaulan dan tidak membeda-bedakan saat memberikan pelayanan.

Kita harus secara adil seimbang untuk memberikan pelayanan. Jangan sampai kita nanti dianggap membeda-bedakan,” imbuh Basmar. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *