Antisipasi Kekeringan, BOB dan PT. Terra Nova Lakukan Penanaman Pohon di Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur

PURWOREJO, purworejo24.com– Badan Pelaksana Otorita Borobudur berkolaborasi dengan PT. Terra Nova berkelanjutan Indonesia melaksanakan gerakan Ceremony penanaman pohon di Zona Otorita Borobudur BPOB.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPOB, Bisma Jatmika menyampaikan, Zona Otorita saat ini sudah sangat berkembang menjadi destinasi pariwisata yang potensial, untuk itu kebutuhan air di kawasan ini harus dijaga kelestariannya dengan menanam pohon.

Dampak dari perkembangan ini adalah terjadinya peningkatan kebutuhan air bersih, maka perlu antisipasi kekurangan air di kawasan wisata ini,” ujar Bisma, Selasa (28/5/2024) usai kegiatan.

Bisma mengatakan, kawasan Zona Otorita Borobudur kedepan akan semakin ramai oleh wisatawan.

Kondisi ini harus memperoleh perhatian yang cukup dari semua pihak, BPOB menyadari pentingnya memperhatikan daya dukung lingkungan dalam pengembangan Pariwisata di kawasan Kami,” tambah Bisma

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya mengurai permasalahan dalam pemulihan area tangkapan air. Pengembangan pariwisata di Zona Otorita Borobudur dapat terlaksana dengan tetap menjaga kelestarian sumber daya air dan lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari perjanjian kerja sama tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan pada Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur.

Harapannya kegiatan ini dapat mengimplementasikan terkait tanggung jawab sosial dan Lingkungan pada Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur dengan masyarakat 7 desa sekitar Zona Otorita Borobudur meliputi Desa (Pagerharjo, Sedayu, Benowo, Ngargosari, Gerbosari, Ngargoretno, dan Pandanrejo)

Sementara itu Istiyanto, manager PT. Terra Nova mengatakan, kerja sama kali ini dilakukan penanaman pohon sebanyak 400 an batang. Untuk luas yang dilakukan penanaman pohon yakni sekitar 4,5 hektar lahan.

Vegetasinya ada pohon Gayam, Beringin dan pohon-pohon yang bisa menyimpan air di kawasan ini,” kata Istiyanto (P24-bayu-wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *