Perdagangan Penting untuk Mencapai Negara Maju

Sri Mulyani Indrawati. (Foto Kemenkeu)

JAKARTA.NIAGA.ASIA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa sektor perdagangan memegang peranan penting bagi setiap negara untuk mencapai tujuan menjadi negara maju.

Hal ini disampaikan Menkeu dalam Acara Townhall LNSW (Lembaga National Single Window) Fest 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (31/05).

“Tidak ada negara di dunia ini bisa maju tanpa perdagangan. Perdagangan internasional even more important,” ungkap Menkeu.

Kondisi ini berlaku juga bagi Indonesia. Sehingga penting untuk menciptakan iklim perdagangan yang mumpuni. LNSW memegang peranan penting bagi Indonesia mewujudkan visi Indonesia Maju 2045.

“Dalam hal ini, LNSW sebagai institusi yang sangat penting untuk memfasilitasi trade antar negara Indonesia dan keluar dunia, dan dunia ke Indonesia secara efisien, secara cepat tadi dari sisi waktu maupun dari sisi biaya menjadi jauh lebih efisien,” jelas Menkeu.

Guna perbaikan organisasi LNSW ke depan, dalam acara yang sekaligus menjadi perayaan HUT LNSW ke-6 tersebut, Menkeu menitipkan pesan kepada jajaran LNSW. Pertama, dengan penggunaan teknologi dalam proses bisnisnya, ini berarti sistem hanya bisa berjalan dengan kondisi koneksi yang memadai.

“Saya minta kepada anda semuanya terus memiliki rencana kerja yang sangat jelas. Konektivitas dan reliabilitas dari sistem Anda untuk bisa menjangkau setiap pelosok di Indonesia,” tandas Menkeu.

Kedua, dengan mempercayakan pada teknologi, maka LNSW diminta untuk memperhatikan juga ancaman yang menyertai. Terutama berasal dari teknologi digital itu sendiri seperti hacking terhadap sistem.

Ketiga, terkait perbaikan tata kelola dan bisnis proses. Menkeu meminta LNSW memahami betul mengenai kebutuhan jumlah pegawai, kualitas, kompetensi, juga integritas SDM-nya.

Terakhir, LNSW harus mampu menjaga hubungan baik dengan seluruh stakeholder. Ini karena LNSW mengoordinasikan 18 Kementerian/Lembaga terkait lalu lintas perdagangan menjadi satu platform bersama yang memudahkan eksportir dan importir.

“Harusnya kita terus bekerja sama. Karena memang LNSW sudah tadi dianggap sebagai pengelola ekosistem dari semua logistik dan ekosistemnya itu akan makin beragam,” pungkas Menkeu.

Untuk diketahui, Lembaga National Single Window (LNSW) adalah sistem nasional yang memungkinkan penyampaian data dan informasi secara tunggal dan terintegrasi untuk memudahkan proses pengambilan keputusan pemberian izin kepabeanan dan pelepasan barang dalam kegiatan perdagangan internasional.

Sumber: Biro KLI Kementerian Keuangan | Editor: Intoniswan

Tag: SMI 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *