Miliki Potensi Wisata Edukasi, Desa Megulungkidul Jalani Uji Paket Wisata Dinporapar

PURWOREJO, purworejo24.com – Desa Megulungkidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo memiliki potensi wisata edukasi yang cukup besar. Potensi tersebut diharapkan bisa terus dikembangkan dan menjadi daya tarik pariwisata di wilayah Purworejo bagian barat.

Untuk itulah, kali ini desa wisata tersebut menjalani Uji Paket Wisata Tahun 2024 yang laksanakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, di Desa Megulungkidul, Senin (3/6/2024) Siang.

Ketua Kelompok Sadar Wisaya (Pokdarwis) Melati Suci, Desa Megulungkidul, Sulastriyanto, mengatakan, potensi wisata edukasi di desa ini diantaranya kebun buah, petrnakan Sapi, hingga rumah produksi beberapa UMKM. Selain itu, di Desa Megulungkidul juga terdapat wisata kuliner berupa restoran di area persawahan yang dikelola oleh Bumdes setempat bernama, Resto Dusun Sabin.

Disini ada Resto Dusun Sabin. Potensinya UMKM, kebun buah, peternakan Sapi yang mengembangkan bio gas dari kotoran Sapi,” katanya, pada sela kegiatan Uji Paket Wisata.

Lebih lanjut, disampaikan, paket wisata yang dikunjungi pada kegiatan di Desa Megulungkidul ini adalah produksi kerupuk, keripik singkong, pencok, serta sejumlah destinasi edukasi UMKM lain.

Hari ini ke pembuatan kerupuk, keripik singkong, pencok, produksi makanan tradisional gembus terbuat dari pati singkong. Lalu ke kelompok peternak sapi, sudah berhasil membuat biogas dari kotoran. Kebun buah, jenisnya Anggur, Alpukad, Jambu, Manggis, ada juga yang lain,” terangnya.

Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam mengatakan, ini kali kedua Desa Megulungkidul menjadi tujuan uji paket wisata. Sebelumnya telah dilakukan uji paket wisata pada tahun 2022.

Kami merasa perlu memunculkan destinasi, sebagai usaha kami di Purworejo bagian barat. Purworejo bagian barat ini perlu daya tarik wisata. Kemudian kami fokus mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan daya tarik wisata. Kami ingin ini terbentuk menjadi kolaborasi antar desa di Pituruh, kebetulan kami ada di posisi tengah. Artinya sebagai ruang pertemuan mudah dijangkau,” terangnya.

Pihaknya menyambut baik adanya uji paket wisata ini. Hal ini menunjukkan Pemerintah Kabupaten memberikan perhatian terhadap usaha Desa Megulungkidul yang mulai membangkitkan pariwisata. Selama ini pihak pemerintah desa tengah fokus merintis desa wisata. Salah satunya dengan mengalokasikan dana desa untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti belajar produksi anyaman bambu, dan lainnya.

Upaya yang kami rintis mendapat sambutan baik dari dinas, sehingga perlu adanya uji paket wisata, meskipun disini masih baru, masih awal sekali, karena kami merintis baru 2019, jadi sejak dulu belum ada wacana yang mengarah ke desa wisata,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Dinporapar Purworejo, Agung Pranoto mengatakan, potensi wisata edukasi di Desa Megulungkidul cukup besar.

Harapan kita UMKM yang ada di sekitar juga jadi daya tarik paket wisata yang bisa diolah (menjadi wisata edukasi). Potensinya cukup besar, harapannya bisa dibawa kesana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, disampaikan, uji paket wisata tahun ini mengunjungi 10 desa yang tujuannya untuk mengetahui kesiapan desa terhadap penerimaan tamu wisata. Selama ini, pihaknya juga telah memeberi pelatihan, serta ada juga bantuan secara fisik kepada desa wisata.

Kita harapkan apa yang diberikan selama ini desa bisa mengejawantahkan menjadi sebuah paket wisata, yang harapannya bisa dijual ke para pelaku wisata. Kami memilih 10 desa ini ada prosesnya, nanti di akhir akan ada diskusi, saran dan masukan dari kami akan kita sampaikan, kedepan juga kita akan pantau, pelaksanaannya seperti apa,” terangnya.

Ditambahkan, paket wisata yang sudah berjalan baik di Purworejo adalah di Desa Pandanrejo, dan Somongari, Kecamatan Kaligesing.

Ada contohnya di Pandanrejo, dan Somongari, memang kali ini tidak kita ikutkan, karena kuota terbatas, kita beri kesempatan bagi yang lain. Uji paket ini yang kita libatkan dari akademisi, pelaku wisata, desa wisata, lalu dari Bagus Roro Purworejo, Genpi, juga dari Dinas Porapar,” pungkasnya. (P24-bayu)

PURWOREJO, purworejo24.com– Badan Pelaksana Otorita Borobudur berkolaborasi dengan…

  PURWOREJO, purworejo24.com – Pemilihan Bagus Roro Purworejo…

PURWOREJO, purworejo24.com – Event BOB Downhill 2024 sukses…

PURWOREJO, purworejo24.com – Event sports tourism yang menggabungkan…

BENER, purworejo24.com – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB)…

LOANO, purworejo24.com– Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) memberikan…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *