Pemdes Kedunglo Rencana Ubah Tanah GG menjadi Tempat Wisata

KEMIRI, purworejo24.com – Pemerintah Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, saat ini tengah fokus merintis Desa Wisata.

Dengan memanfaatkan tanah GG (Governor Ground) atau tanah tidak bertuan yang berada ditepi sungai Medono, akan dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik.

Saat ini Pemdes Kedunglo tengah membuat embung air serta fasilitas wisata lain dilokasi itu.

Rencana membuat Wisata Desa Kedunglo, terletak ditanah GG dan tanah desa Kedunglo, ditanah desa yang sudah dibeli dari tanah masyarakat, lumayan luas, 1 hektar ada,” kata Sumartono selaku Kasi Kesejahteraan, bidang pemberdayaan Desa Kedunglo, saat ditemui dilokasi pembuatan embung, pada Rabu (5/6/2024).

Disampaikan, selain membuat embung dengan anggaran Dana Desa tahun 2024 senilai 75 juta, dilokasi itu juga akan dibangun sarana olahraga yaitu dengan membuat track trail atau offroud dan gedung olahraga. Berbagai fasilitas lain seperti wahana wisata air dan taman serta ruang UMKM juga akan dibangun untuk melengkapi rencana pembuatan tempat wisata di lokasi itu.

Untuk embung sendiri luasnya ada sekitar 1000 meter persegi, ini dikerjakan secara bertahap, sementara ini memakai dana desa, untuk selanjutnya mungkin ada dana – dana lain dari pemerintah, kita akan mengajukan aspirasi, investor juga bisa masuk kesini, kita terima kalau kita sama- sama mendukung untuk kemajuan Desa Kedunglo,” jelasnya.

Lokasi wisata, lanjutnya, terletak didua lokasi yang berbeda dan terbelah oleh sungai Medono. Untuk sebelah timur sungai ikut di RT 2 RW 5, dan sebelah barat sungai ikut di RT 1 RW 3.

Untuk mendukung kelancaran pembuatan tempat wisata, Pemdes Kesunglo saat ini juga tengah menyelesaikan pemasangan bronjong atau talud dikanan dan kiri sungai Medono.

Ini sudah lama dimulai dengan pamasangan bronjong atau talud, pertahun sudah dianggarkan oleh Pemdes, yang sebelah timur hampir selesai, nanti untuk tahun depan sebelah barat sungai. Tahun depan juga akan dibangun jembatan sebagai penghubung dua lokasi itu,” ujarnya.

Menurutnya, warga disekitar lokasi sangat mendukung rencana pembangunan tempat wisata itu. Dengan pembangunan wisata dilokasi itu diharapkan bisa menjadikan Desa Kedunglo menjadi maju, dan nantinya keberadaan wisata juga bisa menambah pendapatan keuangan desa dan bisa mensejahterakan warga masyarakat sekitar.

Ia berharap masyarakat bisa tetap mendukung pembangunan tempat wisata dan bersama- sama memperjuangkan rencana serta mewujudkan mimpi untuk bisa memiliki tenpat wisata yang bagus, sehingga Desa Kedunglo bisa menjadi lebih maju.

Ini program dari pak Kepala Desa Misroni, dan nantinya pengelolaan akan ada Pokdarwis yang dibentuk dari warga sekitar, baik itu dari unsur RT, RW, Karang taruna yang bisa bersama- sama mengelola dengan pihak desa,” pungkasnya. (P24/wid)

Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.


Tag: 24 jam purworejo berita 24 jam berita purworejo berita purworejo hari ini Berita Purworejo Terkini berita terkini purworejo Embung Kedunglo kemiri wisataTopik: Desa Wisata

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *