Ketersediaan Hewan Kurban di Kaltim Cukup Buat Iduladha

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Fahmi Himawan (niaga.asia/Nur Asih Damayanti)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kaltim memastikan ketersediaan hewan kurban sapi dan kambing di Kaltim mencukupi permintaan masyarakat untuk Iduladha tahun ini.

Tahun ini ketersediaan sapi di Kaltim mencapai 12.543 ekor dengan kebutuhan 11.445 ekor. Sedangkan kambing sebanyak 7.790 ekor dengan kebutuhan 6.059 ekor.

Kepala Dinas PKH Kaltim Fahmi Himawan mengatakan, jumlah permintaan kebutuhan ternak kurban di Kaltim tahun ini meningkat dibanding tahun 2023 lalu.

“Jumlah permintaan sapi kurban tahun 2023 hanya 11.194 ekor. Sedangkan tahun ini 11.445 ekor,” kata Fahmi di Ruang Warung Informasi Etam Kaltim Dinas Kominfo Kaltim, Jumat 7 Juni 2024.

Menurut Fahmi, peningkatan jumlah permintaan ternak kurban ini disebabkan meningkatnya jumlah penduduk di Kaltim. Baik di lingkup internal wilayah, maupun memenuhi kebutuhan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Daerah Balikpapan, Paser, Kutim, PPU, Samarinda semuanya menunjukkan ketersediaan aman. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan ternak,” jelasnya.

Selain itu, Dinas PKH Kaltim juga menyediakan 20 Juru Sembelih Halal (Juleha) yang tersebar di 8 kabupaten/kota yang ada di Kaltim yakni Berau, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara (PPU) dan Samarinda.

“Masing-masing daerah kami siapkan 2 orang. Tapi untuk di Samarinda sebanyak 6 orang. Dengan bantuan yang diberikan 25 pemotong pisau dan 25 alat pemotong tulang, yang nanti akan dibagikan ke-8 kabupaten dan kota,” demikian Fahmi Himawan.

Penulis: Nur Asih Damayanti | Editor: Saud Rosadi

Tag: Hewan KurbanIduladhaKaltim 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *