MA An-Nawawi Berjan Purworejo Launching 5 Buku Karya Siswa-Siswi Saat Wisuda

PURWOREJO, purworejo24.com– Madrasah Aliyah (MA) An-Nawawi Berjan Purworejo kembali menorehkan prestasi di bidang literasi. Kali ini para siswa-siswi di sekolah ini berhasil melaunching lima buku.

Lima buku tersebut merupakan terjemah dari kitab-kitab yang mereka pelajari di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo. Sekolah ini memang terkenal menjadi sekolah unggulan di Purworejo yang berbasis pesantren yang kuat akan literasinya.

Ketua Panitia Wisuda, Muhammad Huda Mabrur, S.H., menjelaskan, lanuching buku tersebut dibarengkan dengan Wisuda Purnasiswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024, Minggu (09/06/2024).

Kegiatan ini Berlangsung di halaman madrasah setempat, wisuda angkatan ke XXI ini diikuti 369 siswa dari empat jurusan, MIPA, IPS, IIA dan MAPK.

Ada lima judul buku, yang empat itu hasil dari masing-masing jurusan (terjemah kitab dan hasil bahtsul masail) dan yang satu kumpulan cerpen,” kata Huda saat ditemui disela-sela kegiatan.

Sejumlah buku tersebuf anatara lain, Kasyful Ghummah ‘Ala Talhishil A Jurumiyah, Terjemah Risalah Tanya Jawab Thoriqoh KH Nawawi Shiddieq, Pitakon Fiqih-Amal Donyo, Terjemah Kirab Ibanah wal Ifadloh, Sepucuk Surat Tentang Permasalahan Salat serta antologi cerpen ke 2 berjudul Titian Ilmu.

Huda menyebut, hasil karya 5 buku tersebut dibuat siswa-siswi agar kemampuan mereka dalam akademik juga diimbangi oleh kemampuan berliterasi. Selain buku, para siswa-siswi yang berkolaborasi dengan guru juga melaunching lagu.

Lagunya berjudul Senandung Doa, lagu ini hasil kolaborasi anak-anak dengan guru,” kata Huda.

Kegiatan wisuda juga dihadiri Pengasuh Ponpes An Nawawi Berjan KH Achmad Chalwani, Kemenag Purworejo, Pengawas Madrasah, Ketua Yayasan An Nawawi, Rektor IAIAN, jajaran Komite, himpunan alumni, tokoh masyarakat serta segenap tamu undangan lainnya

Secara seremoni, wisuda dilakukan wali kelas masing-masing didampingi Kepala MA An Nawawi Berjan Purworejo H. Sahlan, S.Ag., MSI., dan wali kelas pondok.

Dalam kesempatan tersebut, Sahlan mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Meski tidak mengharuskan, Sahlan berpesan kepada para wisudawan, agar bisa melanjutkan pendidikannya di IAI An Nawawi.

Karena IAI An-Nawawi merupakan salah satu perguruan tinggi dengan progres terbaik di tingkat nasional,” kata Sahlan.

Dia juga menyampaikan tentang progres pengembangan madrasah, diantaranya, saat ini MA An-Nawawi dalam proses menuju Madrasah Adiwiyata tingkat Nasional, setelah tahun kemarin terbaik 2 tingkat provinsi Jateng.

Perpustakaan kita Ar-Risalah juga sudah terakreditasi B,” ujar Sahlan.

MA An Nawawi Berjan Purworejo sendiri, kata Sahlan, merupakan salah satu dari 39 Madrasah Aliyah unggulan program keagamaan tingkat nasional. Dan Insya Allah di bulan Agustus akan memasuki masa akreditasi, yang diharapkan semoga bisa bertahan di A.

Sekaligus Insya Allah akan dimulai pembangunan gedung pertemuan yang representatif,” ungkap Sahlan,

Diketahui, dalam wisuda juga diberikan penghargaan kepada juara masing-masing jurusan.

Dari jurusan MIPA juara 1 Akmal Basith Marghus, juara 2 Nazila Rahmadhila Ananda dan juara 3 Prinandhita Meila. Jurusan IPS juara 1 Sofiana Widyawati, juara 2 Maftuchah Nuraini dan juara 3 Teya Aprillia.

Jurusan IIA juara 1 Moh. Fatkhur Rohman, juara 2 Fega Winata dan juara 3 Nur’aeni. Jurusan MAPK juara 1 Dika Inayati Uswah, juara 2 Ikmalani Nurossaidati dan juara 3 Akrom Ahmad Falih.

Alhamdulillah, beberapa siswa berhasil lolos dalam SNMPTN. Diantaranya diterima di UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN Salatiga, Universitas Mulawarman, Universitas Tidar serta UIN Syaifudin Zuhri. Beberapa diantaranya juga sedang dalam proses kuliah di luar negeri,” pungkasnya. (P24-bayu)

Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.


Tag: berita purworejo peluncuran buku WisudaTopik: Peluncuran buku

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *