Erik Alfian dan Niken Dwi Sitoningrum Pimpin AJI Balikpapan 2024-2027

Erik Alfian (kanan) dan Niken Dwi Sitoningrum (kiri) (Foto: AJI Balikpapan)

BALIKPAPAN.NIAGA.ASIA — Erik Alfian dan Niken Dwi Sitoningrum terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan untuk periode 2024-2027.

Keputusan tersebut dihasilkan dalam Konferensi Kota (Konferta) V AJI Kota Balikpapan yang berlangsung di Swiss-Belinn Hotel Balikpapan, Sabtu 15 Juni 2024.

Dalam pemilihan tersebut, dua pasangan calon bersaing, yakni Hariadi-Muhammad Mutawallie Sya’rawie (Owie) dan Erik Alfian-Niken Dwi Sitoningrum.

Dari 34 anggota pemilih, pasangan Erik-Niken meraih kemenangan dengan 79,4 persen suara. Sementara Hariadi-Owie hanya mendapatkan 20,6 persen suara.

Erik Alfian mengucapkan terima kasih kepada Teddy Rumengan, mantan Ketua AJI Balikpapan, atas dedikasinya dalam menegakkan standar kode etik jurnalistik. Khususnya dalam hal independensi jurnalis dan kebebasan pers.

Erik berkomitmen untuk melanjutkan dan memperkuat fondasi yang telah dibangun oleh Teddy, selama memimpin AJI Kota Balikpapan.

“Kami akan meneruskan apa yang sudah dibangun oleh Teddy,” kata Erik.

Erik berharap AJI Balikpapan, yang juga mencakup Banjarmasin dan Palangkaraya, dapat semakin kompak dan kolaboratif.

Menurutnya, dukungan dari AJI Indonesia dan berbagai daerah sangat penting untuk menyukseskan program-program advokasi mereka.

Niken Dwi Sitoningrum juga menekankan pentingnya memperkuat dan memperluas jejaring AJI Balikpapan, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama. Dia berharap AJI Balikpapan bisa menjadi ruang aman bagi semua kalangan, termasuk kelompok yang dimarjinalkan.

“Ruang aman adalah bagian dari profesionalisme dan menjunjung kode etik jurnalistik,” ucap Niken.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum AJI Indonesia, Nani Afrida. Dia berharap AJI Balikpapan semakin aktif dalam mengawal kebebasan pers dan kebebasan berekspresi, terutama dengan adanya tantangan baru terkait Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Semoga AJI Balikpapan semakin jaya, semakin kritis, dan menunjukkan ke-AJI-annya,” sebut Nani.

Di kesempatan yang sama, Nani juga menekankan pentingnya AJI Balikpapan dalam mengawal berbagai isu publik seperti RUU KUHP, RUU Penyiaran, RUU TNI, dan RUU Polri.

Penulis: Heri | Editor: Saud Rosadi

Tag: AJIBalikpapan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *