Kendalikan Inflasi, Kukar Terbaik se-Kaltim

Pemkab Kukar raih predikat terbaik dalam TPID Award (istimewa)

TENGGARONG.NIAGA.ASIA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali meraih prestasi dengan menyandang predikat terbaik karena turut mengendalikan inflasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kukar menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Kaltim yang menyandang penghargaan bertaraf nasional ini. Di tingkat provinsi, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berhasil mendapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award.

Penghargaan itu diserahkan langsung dalam agenda TPID Award oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Istana Kepresidenan, Jumat 14 Juni 2024 lalu.

Penyerahan dilakukan usai Rakornas Pengendalian Inflasi 2024, yang mengusung tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga.

Sunggono mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, khususnya TPID Kabupaten Kukar, atas kerja sama dan kolaborasi dalam pengendalian inflasi daerah. Sunggono bangga karena Kukar berhasil menjadi satu-satunya kabupaten di Kaltim yang membawa pulang penghargaan bergengsi tersebut.

“Kukar dapat penghargaan sebagai kabupaten dengan pengelolaan TPID Terbaik. Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak agar bisa lebih baik ke depanya,” kata Sunggono.

“Saya berharap tim TPID bisa lebih bekerja keras dan terus berkolaborasi untuk memastikan inflasi tetap terjaga di Kukar,” ujar Sunggono.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Kukar Didi Ramyadi yang turut menghadiri pemberian penghargaan TPID Award itu secara virtual bersama sejumlah pejabat lainnya menyampaikan bahwa masyarakat patut berbangga atas award tersebut.

Sebab, TPID Kukar ikut menyumbang tren inflasi yang turun dalam 10 tahun terakhir di Indonesia. Tren inflasi Indonesia terkendali, bahkan termasuk yang terendah di dunia.

“Ini juga merupakan bentuk apresiasi pemimpin negara untuk Kukar,” terang Didi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam konferensi video memberikan apresiasi kerja tim pengendalian inflasi pusat hingga daerah. Inflasi Indonesia pada 9-10 tahun masih berada di angka 9,6 persen, tetapi sekarang turun drastis menjadi 2,84 persen pada Mei 2024.

“Terima kasih kepada tim pengendalian inflasi pusat dan daerah yang telah bekerja keras mengendalikan inflasi, ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia,” kata Jokowi. (Adv/Prokom)

Penulis: Amalia | Editor: Saud Rosadi

Tag: InflasiKaltimKutai KartanegaraPemkab Kukar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *