Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Pemeriksaan bungkil sawit oleh petugas Karantina Pertanian sebelum diekspor ke Vietnam. (Foto : Karantina Pertanian)

JAKARTA.NIGA.ASIA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakinkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian global, didukung oleh bauran kebijakan Bank Indonesia dan Pemerintah.

Konsumsi swasta tumbuh baik seiring dengan terjaganya daya beli dan kuatnya keyakinan konsumen. Investasi meningkat, baik investasi bangunan maupun nonbangunan, sejalan dengan berlanjutnya proyek infrastruktur Pemerintah dan membaiknya investasi swasta.

Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dalam keterangan tertulisnya, usai memimpin Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 19-20 Juni 2024.

Menurut Perry, permintaan domestik triwulan II 2024 yang meningkat antara lain tecermin pada kinerja positif sejumlah indikator konsumsi rumah tangga dan investasi, seperti Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan Riil, dan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur.

Selain itu, ekspor barang meningkat didorong kenaikan ekspor pertambangan dan manufaktur ke negara mitra dagang utama, seperti Tiongkok dan India. Ekspor jasa juga membaik ditopang pemulihan perekonomian negara asal wisatawan mancanegara.

“Secara sektoral, pertumbuhan ekonomi periode triwulan berjalan antara lain didukung oleh pertumbuhan Lapangan Usaha (LU) Industri Pengolahan, LU Konstruksi, dan LU Perdagangan Besar dan Eceran,” ujarnya.

Dijelaskan pula, dengan berbagai perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2024 diprakirakan berada dalam kisaran 4,7-5,5%.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah melalui stimulus fiskal dan kebijakan makroprudensial, yang ditempuh secara konsisten dengan menerapkan prinsip kebijakan makroekonomi yang berhati–hati, guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Perry.

Penulis: Intoniswan | Editor: Intoniswan

Tag: Ekonomi Nasional 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *