Atlet Balikpapan Sabet Tiga Emas di Kejurnas Sepeda Gunung di Batam

Atlet ISSI Balikpapan berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih tiga medali emas di Indonesia Mountain Bike National Championship 2024 yang digelar di Batam (Foto: Dok ISSI Balikpapan)

BALIKPAPAN.NIAGA.ASIA — Kota Balikpapan kembali menunjukkan taringnya di dunia olah raga, khususnya dalam ajang balap sepeda.

Tiga atlet asal kota itu, yang tergabung dalam Pengurus Kota (Pengkot) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Balikpapan, berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih tiga medali emas di ajang Indonesia Mountain Bike National Championship 2024 yang berlangsung di Batam pada 26-30 Juni 2024.

Nicolaus Bayu Wicaksono, Muhammad Zidan, dan Dimas Dwi Arianto masing-masing menyabet emas di kategori Men Youth XCC, Men U23 XCC, dan Men Junior XCC.

Prestasi ini tak hanya membanggakan bagi kota Minyak –julukan Balikpapan–, tetapi juga melampaui target yang ditetapkan.

“Kami sebenarnya menargetkan dua emas pada kejuaraan ini. Bersyukur sekali kami bisa membawa pulang tiga emas. Ini berarti target kami terlampaui,” kata pelatih tim sepeda Balikpapan, Bambang Prasetiyo, Rabu 3 Juli 2024.

Bambang mengakui persiapan tim sempat terkendala oleh masalah anggaran, yang menyebabkan mereka hanya bisa mengirimkan empat atlet ke kejuaraan itu. Meski demikian, hasil yang diraih menunjukkan potensi besar yang dimiliki atlet-atlet Balikpapan.

“Sejatinya, kami berpeluang menambah satu perak, namun sayangnya satu atlet kami mengalami masalah teknis di lap terakhir,” ujar Bambang.

Kejuaraan yang diikuti oleh 320 pesepeda dari seluruh Indonesia ini juga menjadi ajang pembuktian bagi tim Balikpapan. Bambang menyebut bahwa pesaing terberat mereka datang dari Jawa Timur dan Jawa Barat, yang didukung oleh fasilitas dan anggaran maksimal.

“Kami yakin bisa bersaing lebih keras dengan dukungan anggaran yang lebih baik,” sebut Bambang.

Hasil positif di Batam ini menjadi modal penting bagi tim Balikpapan menjelang kejuaraan berikutnya, yang akan berlangsung di Kota Baru, Kalimantan Selatan, 16 Juli mendatang.

“Kami optimis bisa meraih hasil yang lebih baik lagi dengan persiapan dan dukungan yang maksimal,” demikian Bambang.

Penulis: Heri | Editor: Saud Rosadi

Tag: BalikpapanOlah Raga 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *