Kolaborasi Orang Tua dan Guru untuk Pembelajaran Optimal, MI Al Iman Bulus Gelar Seminar Parenting

GEBANG, purworejo24.com – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Iman Bulus, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengadakan Seminar Parenting dengan tema Dukungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembelajaran Siswa di Madrasah, pada Sabtu(6/6 2024).

Acara yang berlangsung di Masjid Abdullah Bahnan komplek MI Al Iman Bulus ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara orang tua dan guru dalam mendukung pembelajaran siswa.

Seminar ini menghadirkan Ibu Retno Setyowati, S.Psi., Psi, seorang dokter spesialis psikologi yang dikenal dengan berbagai kontribusinya dalam bidang psikologi anak dan keluarga. Kehadiran beliau memberikan pencerahan kepada para peserta tentang pentingnya pola asuh yang baik dalam mendukung perkembangan dan prestasi anak di madrasah.

Kepala Sekolah MI Al Iman, Astriani Restiahari, menekankan pentingnya sinergi antara orang tua dan guru.

Orang tua dan guru merupakan faktor pendukung paling utama dalam tumbuh kembang anak di rumah dan di madrasah. Untuk itu, perlu adanya kolaborasi antara guru dan orang tua untuk mencapai tujuan yang diinginkan,” kata Astriani Restiahari.

Astriani juga mengungkapkan bahwa dukungan orang tua di rumah sangat mempengaruhi sikap dan prestasi belajar anak di sekolah.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah dewan guru MI Al Iman Bulus dan seluruh wali murid MI Al Iman Bulus. Mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dipandu oleh Retno Setyowati.

Narasumber menjelaskan bahwa pola asuh yang konsisten dan penuh kasih sayang sangat penting untuk membangun karakter anak yang baik. Selain itu, Retno juga menekankan perlunya orang tua untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran anak, memberikan dorongan positif, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.

Selama seminar, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait tantangan dalam mengasuh dan mendidik anak.

Dalam kesempatan itu, Retno juga memberikan berbagai tips praktis tentang bagaimana orang tua dapat mendukung anak- anak mereka dalam belajar, termasuk cara mengatasi stres dan kecemasan yang mungkin dialami oleh anak-anak.

Salah satu wali siswa, Vadhilatul Laila, menyatakan apresiasinya terhadap acara itu. Dirinya mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti seminar ini.

Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan tentang bagaimana mendukung anak dalam belajar. Semoga acara seperti ini bisa terus diadakan untuk kebaikan anak-anak kita,” katanya.

Seminar itu diharapkan dapat memberikan wawasan kepada orang tua tentang pentingnya pola asuh yang baik dalam mendukung pembelajaran anak di madrasah, serta memperkuat hubungan antara orang tua dan guru dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa.

Dengan adanya kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru, MI Al Iman Bulus Gebang Purworejo berharap dapat mencetak generasi yang berprestasi dan berkarakter.

Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal anak-anak kita, baik di rumah maupun di sekolah. Dengan kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru, kita bisa mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan,” ajak Astriani kepada semua pihak untuk terus bekerja sama dalam mendidik anak-anak. (P24/wid)

Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.


Tag: 24 jam purworejo berita 24 jam berita purworejo berita purworejo hari ini Berita Purworejo Terkini berita terkini purworejo MI Al Iman Bulus Parenting seminarTopik: Seminar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *